Ad Unit (Iklan) BIG

Staff Legal Perusahaan/Legal Officer

Post a Comment

Staff Legal Perusahaan/Legal Officer
Staff Legal Perusahaan/Legal Officer

Ada berbagai macam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh para lulusan sarjana hukum selain advokat, hakim, polisi, notaris ataupun konsultan hukum yaitu staff legal perusahaan.

Perusahaan-perusahaan dewasa ini terutama perusahaan yang sudah besar sangat membutuhkan staff legal perusahaan.

Hal ini karena para staff legal perusahaan ini lah nantinya yang akan berperan sangat penting dalam pengurusan berbagai kontrak ataupun perizinan perusahaan ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan hukum.

Perusahaan adalah suatu kegiatan usaha yang menghasilkan keuntungan yang dilakukan secara terus menerus dan dilaksanakan oleh perorangan maupun badan hukum atau bukan badan hukum.

Seperti diketahui Indonesia adalah negara hukum, sehingga setiap perilaku masyarakatnya selalu diatur oleh hukum termasuk juga perusahaaan. Oleh sebab itu perusahaan sangat membutuhkan staf legal.

Pengertian Staff Legal Perusahaan Atau Legal Officer

Ada beberapa yang digunakan perusahaan untuk menyebut pekerjaan ini seperti legal officer, legal staff, dan in-house counsel. Namun pada intinya ketiga hal tersebut pekerjaan yang hampir sama.

Staff legal perusahaan adalah  suatu pekerjaan yang membidangi suatu bagian khusus dalam perusahaan yaitu bagian legal atau hukum baik di dalam perusahaan maupun diluar perusahaan agar perusahaan berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Tugas Staff Legal Perusahaan/Legal Officer

Tugas staf legal perusahaan ada berbagai macam seperti memberikan nasihat hukum, mengelola dokumen hukum, melakukan riset hukum, mengidentifikasi risiko hukum, dan mengadakan sosialisasi hukum.

Berikut penjelasan dari masing-masing tugas seorang staff legal perusahaan:

  • Memberikan nasihat hukum

Nasihat hukum sangatlah diperlukan bagi orang-orang yang awam akan hukum. Hal ini karena bahasa hukum sangat sukar untuk dipahami. Oleh sebab itu tugas seorang staff legal perusahaan adalah memberikan nasihat hukum kepada para pemimpin perusahaan sehingga pemimpin perusahaan dapat mengambil kebijakan yang baik untuk perusahaan.

  • Mengelola dokumen hukum

Seseorang yang bekerja dibidang hukum tentu tidak asing lagi dengan dokumen-dokumen atau surat-suarat hukum seperti akta, kontrak, sertifikat dan dokumen penting lainnya.

Tugasnya disini adalah membuat hingga meninjau seluruh dokumen-dokumen penting tersebut. Hal ini lah yang menjadi tugas dari staff legal perusahaan.

  • Melakukan penelitian hukum

Ya, seorang staff legal perusahaan juga melakukan penelitian hukum. Hal ini karena peraturan perundang-undangan kita selalu mengalami perubahan. Sehingga perlulah dilakukan penelitian agar dikemudian hari tidak menimbulkan suatu permasalahan hukum.

  • Mengidentifikasi Risiko

Sebuah perusahaan tentu memiliki peluang yang besar menghadapi risiko yang tidak diinginkan. Staff legal perusahaan haru mengidentifikasi segala kemungkinan risiko dari kebijakan atau keputusan yang diambil perusahaan. Sehingga, risiko yang tidak diinginkan dikemudian hari dapat segara dihentikana.

  • Mengadakan Sosialisasi Hukum

Tidak semua orang di perusahaan mengerti akan persoalan hukum hanya orang-orang dibagian legal perusahaan sajalah yang mengerti dengan baik apabila berusahan dengan hukum. Namun, staff legal juga harus mensosialisasikan hukum kepada semua orang di perusahaan. Agar orang-orang dapat bekerja sesuai dengan aturan hukum.

Dengan adanya sosialisasi hukum, maka diharapkan perusahaan dapat berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku dan terhindar dari persoalan hukum yang dapat merugikan perusahaan.

Syarat Menjadi Staff Legal Perusahaan

Apabilan anda tertarik untuk menjadi staff legal perusahaan anda harus memiliki pendidikan setidaknya S1 ilmu hukum. Selain itu, biasanya anda juga harus memiliki pengalaman kerja firma hukum untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda. Hal ini karena apabila anda tidak memiliki pengalaman maka dikhawatirkan anda tidak dapat berkerja dengan baik di perusahaan.

Kemampuan/Skil Yang Diperlukan Staff Legal Perusahaan

Ada berbagai macam kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang staff lega perusahaan. Selain pengetahuan akan hukum mereka juga harus memiliki kemampuan analisis kritis. Selain itu, staff legal perusahaan juga harus melek teknologi mengingat saat ini kita telah memasuki era dimana semua berbasis teknologi dan jaringan (4.0).

Berikut ini kemampuan yang diperlukan staff legal perusahaan:

  • Komunikasi yang baik, baik secara verbal maupun non verbal.
  • Kepemimpinan/Leadership.
  • Pengetahuan hukum yang luas.
  • Dapat bekerja secara baik dan detail.
  • Dapat melakukan negosiasi dengan baik.
  • Pengetahuan akan persoalan administrasi.
  • Memiliki analisa yang baik dan kritis.
  • Kemampuan bahasa asing (bahasa inggris).
  • Dapat menggunakan komputer serta dapat menjalankan softwarenya seperti Microsoft Office.
  • Bisa menggunakan alat-alat kantor seperti printer dan mesin fotocopy.
  • Mengetahui sistem komunikasi digital.

Gaji Legal Officer Perusahaan

Legal officer perusahaan atau staff legal perusahaan pada umumnya memiliki gaji yang cukup besar tergantung dimana perusahaan mereka bekerja.

Tidak heran staff legal perusahaan memiliki gaji yang besar karena tugas dan perannya dalam perusahaan pun sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Belum lagi banyak tenaga dan pikiran yang harus digunakan agar perusahaan dikemudian hari tidak mengalami permasalahan hukum dikemudian hari yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Pada umumnya staff legal perusahaan mendapatkan penghasilan sekitar tiga ratus tujuh puluh juta rupiah hingga tujuh ratus lima puluh juta rupiah (Rp 370 juta-Rp750 juta) per tahunnya. Dengan demikian, mereka bisa berpenghasilan per bulan sekitar Rp29 juta-Rp60 juta.

Demikianlah pembahasan mengenai pekerjaan staff legal perusahaan. Staff legal perusahaan bekerja terutama untuk keperluan pengurusan dokumen seperti perizinan dan kontrak. Pekerjaan staff legal perusahaan ini hampir mirip dengan pekerjaan seorang lawyer namun hanya saja staff legal perusahaan hanya bekerja untuk perusahaan yang memperkerjakan mereka. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan anda terkait staff legal officer.

Anda juga dapat membaca artikel lain yang mungkin bermanfaat untuk anda di blog Aksara Hukum.

Marinus Lase
Hai saya Marinus
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter